Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hari Tarwiyah dan Definisinya



Tanggal 8 Dzulhijjah dinamakan sebagai hari Tarwiyah. Hari dimana kendaraan/onta para jamaah haji dikenyangkan perutnya dengan air minum, persiapan menjalankan tahap demi tahap prosesi ibadah haji.

Di hari Tarwiyah ini Rasulullah bersama para sahabatnya menuju Mina, beliau tinggal di Mina mulai dari waktu dhuha hingga keesokan harinya (tanggal 9 Dzulhijjah).

Beliau mengerjakan shalat Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya, Subuh di Mina dengan cara Qashar (meringkas shalat yang berjumlah 4 rakaat menjadi 2 rakaat), namun tidak menjamak (tidak mrnggabungkan dengan shalat lainnya).

Inilah salah satu prosesi ibadah haji yang dilakukan oleh Rasulullah, para ulama menggolongkannya sebagai ibadah sunnah. Namun sayang tidak sedikit di antara kita yang meninggalkan ibadah di hari Tarwiyah ini.

Banyak amalan yang bisa dilakukan pada saat hari Tarwiyah. Diantara amalan tersebut adalah puasa. Puasa dapat dilakukan hingga hari arafah yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Prosesi ibadah haji tahun ini memang sangat berbeda dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Dari jumlah jamaah, hingga prosesnya.

Semoga para calon jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji tahun ini diberikan kesehatan, keselamatan, dan kelancaran aamiin

Butuh Jasa Kebersihan? Klik disini

Posting Komentar untuk "Hari Tarwiyah dan Definisinya"